script async='async' crossorigin='anonymous' src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3634075916379095'/> Cerita dan tutorial Indonesia: Tips pemeliharaan ban motor anda

18 December 2018

Tips pemeliharaan ban motor anda

Tips pemeliharaan ban motor anda




Pentingnya memelihara ban motor anda ini sangat diperlukan disebabkan jika anda tanpa tau cara bagaimana memelihara ban motor anda..

Maka yang ada ban pada kendaraan bermotor anda akan cepat rusak.. dalam kesempatan yang sebelumnya sudah saya bahas mengenai bagaimana cara memilih ban bekas https://sandymendozha.blogspot.com/2018/11/4-tips-cara-memilih-ban-bekas.html?m=1   dan kali ini saya akan membahas bagaimana cara memelihara ban motor anda baik yang baru ataupun bekas.


Didukung oleh:
Langkah awal yang paling penting adalah selalu perhatikan lah tekanan angin ban motor anda..

Dengan ukuran standar nya yaitu jika depan adalah 28,5psi dan belakang 38,5psi namun pada realita nya untuk mencapai ukuran tersebut susah ..

Dan biasa yang terjadi adalah depan 30psi dan belakang 40psi, ini untuk seorang pengendara..namu n jika anda ingin berboncengan atau membawa beban muatan maka yang belakang bisa ditambah

Menjadi 45/50psi, mengapa ukuran angin ini saya katakan penting..ya benar adanya, andai motor anda kurang tekanan angin maka laju dari motor tersebut seperti oleng tanpa kendali..

Dan juga sebaliknya jika ukuran tekanan angin motor anda terlalu keras maka motor akan terasa keras seperti anda menaiki delman..hehe..

Jika dari langkah awal tadi anda sudah selalu untuk memperhatikan maka hanya kemungkinan kecil saja ban motor anda akan cepat rusak..

Karena itu lah pokok penting dari pemeliharaan ban motor anda.. yang kedua adalah menggantung ban motor anda ketika mlm hari..

Namun pada kenyataannya, itu sangat jarang di lakukan oleh kalangan masyarakat sekitar kita..tap t setidaknya saya disini sudah mendiskripsikan bahwa menggantung ban di malam hari atau ketika motor dengan jangka..

Waktu yang lama untuk tidak di pakai itu adalah bagian dari perawatan ban motor anda..sek sekar tinggal pribadi anda sendiri

Mau melakukan nya atau tidak..hehe..
Yang ketiga adalah isi lah angin ban anda dengan angin dingin.. apa itu angin dingin..angin dingin adalah nitrogen..

Fungsi dari angin dingin/nitrogen ini adalah untuk meminimalisir panas pada ban ketika dipakai dengan jarak yang cukup jauh..

Namun pada kenyataannya kebanyakan mereka jarang sekali melakukan hal tersebut dan mereka hanya mengisi dengan angin biasa.. yaitu angin kompresor..

Tapi tak mengapa fungsi sama hanya beda dari kualitas angin nya saja..

Ciri ciri dari melalaikan perawatan ban..
Sudah terlihat jelas kasat mata jika seseorang lalai dalam perawatan ban motor mereka..

Dari sisi luar ban akan terlihat pecah2 atau belah.. ada yang terlihat hanya sedikit tapi tak jarang akan terlihat penuh pada sekeliling ban tersebut..

Dan itu jika di biarkan saja tanpa ada inisiatif untuk mengganti nya maka akan beresiko bagi pemilik kendaraan bermotor tersebut..

Ciri ciri selanjutnya adalah tidak tampak dari luar namun akan selalu berdampak bagi pemilik kendaraan bermotor tersebut yaitu adalah sering bocor ban..

Kenapa bisa sering bocor ban..?? Ya,,, disaat anda sering kurang angin memakai motor anda tersebut.. maka panas yang dihasilkan dari tekanan ban saat dipakai itu akan mengendap di bagian pinggir sisi dalam ban luar motor anda..

Dan akibatnya adalah bagian dalam ban luar anda akan seperti robek namun tidak robek.. biasanya di pinggir sisi bagian dalam ban luar anda..

Silahkan anda bisa cek nanti..?! Hehe..

Nah itu dapat mengakibatkan sering terjadi nya bocor ban dalam motor anda..kenapa..?? Karena,,, bagian dalam yang robek itu akan menggigit ban dalam motor anda ketika dipakai..

Dan lama kelamaan pastilah bocor ban dalam motor anda.. dan kalau sudah begini cara mengatasi nya hanya bisa dengan mengampasnya atau melapisi bagian dalam dari ban luar tersebut..

Namun biasanya itu hanya bersifat sementara dan akan selalu bocor lagi dan bocor lagi..

Satu satu nya jalan adalah anda harus siap untuk mengganti nya dengan yang baru..hehe..

Oke mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan..singkat namun semoga bisa bermanfaat untuk anda dan sekitarnya..

Cukup sekian dan terimakasih,

                                 By : sam

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya dan jangan lupa untuk berkunjung kembali.. terimakasih

Featured post

KISAHKU KETEMU SOSOK POCONG

                  Dulu aku pernah tinggal di afdeling VI PTPN 4 Sosa II Tapanuli Selatan Sumut : sore itu aku main sampai menjelang maghrib,...