script async='async' crossorigin='anonymous' src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3634075916379095'/> Cerita dan tutorial Indonesia: Cara memperbaiki aki/accu yang rusak

07 December 2018

Cara memperbaiki aki/accu yang rusak

Cara memperbaiki aki/accu yang rusak



Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang bagaimana cara memperbaiki aki/accu yang soak/tekor..

Sering kali kita mempunyai kendaraan bermotor yang mengalami gangguan pada kelistrikan nya yaitu salah satunya dengan aki nya yang soak/tekor.


Didukung oleh:
untuk jenis aki yang basah maka kita masih bisa tuk memperbaiki nya sendiri.. karena aki yang tipe basah itu pada dasarnya membutuhkan perawatan dari tiap-tiap orang yang memakai nya..

Jadi andai terjadi hal seperti ini pun kita masih bisa untuk memperbaiki nya.. beda dengan aki yang tipe kering, itu biasanya hanya sekali pakai saja..

Karena pengen beli yang baru tapi belum gajian hehe.. tenang aja di sini saya ada sedikit cara namun hasil nya cukup memuaskan kan..

Yaitu dengan cara memperbaiki aki anda yang mengalami soak atau tekor tadi..

Tidak ada alat khusus untuk memperbaiki nya, yang penting dengan kemauan saja,itu sudah cukup..

langsung saja kita ke inti pembahasan kita..
CARANYA : pertama anda lepas terlebih dahulu aki anda dari sepeda motor anda..lalu buka lah seluruh tutup aki tersebut yang berwarna merah atau kuning atau hitam.. nah sisa dari air zur yang berada di dalam aki tersebut..tuang dan buang di tempat aman yaa..??

Jika sudah anda buang letakkan lah aki dlm posisi dibalik supaya air zur nya benar-benar keluar semua.. lalu tugas anda sekarang adalah merebus air biasa atau air keran  saja.. rebus lah kira kira saja jangan terlalu banyak juga terlalu sedikit..

Rebus lah air nya sampai benar-benar mendidih.. jika sudah di rebus ambilh teko/tempat air minum.. gunanya untuk memasukkan air panas hasil rebusan tadi kedalam bagian aki tersebut..

Masukkan sesegera mungkin ketika air dalam keadaan panas.. karena memang yang di cari adalah dari panas air tersebut..

Gunanya untuk merontokkan karat atau kotoran-kotoran yang ada di dalam aki anda.. karena karat dan kotoran-kotoran itu lah yang menyebabkan aki tidak bekerja secara maksimal alias tekor jadinya..

Karena aki tersebut tidak mampu menahan energi listrik yang seharusnya dihasilkan dari dalam aki tersebut.. pada dasarnya cara kerja aki itu sendiri yaitu menggunakan elemen elemen yang berada di dalam nya maka dari itu kalau elemen nya kotor dan berkarat maka tidak maksimal lah kinerja aki tersebut..


Jika sudah di kuras dengan air panas tadi dan sudah di pastikan benar-benar bersih.. tugas anda sekarang adalah menjemur aki tersebut langsung di terik panas matahari..

Jemur lah sampai benar-benar kering ..jika sudah diamkan sejenak aki sampai kondisi dingin kembali, jangan langsung di isi dengan air zur yang baru..

Nah jika sudah selesai dan siap untuk mengisi nya dengan air zur yang baru.. pilih lah air zur yang dalam kemasan warna merah..jangan yang biru, karena kalau yang biru adalah hanya untuk menambah saja..

Jika sudah di isi dengan sesuai takaran nya tutup kembali aki tersebut.. selanjutnya tugas anda adalah menyetrum nya/mengecasnya jika anda tidak mempunyai alat setrum nya sendiri maka bisa menggunakan jasa setrum yang ada di sekitar Anda..

Setelah selesai menyetrum nya pasang kembali aki tersebut ke sepeda motor anda.. jangan langsung pakai starternya yaa.. pakai manual aja dulu istilah nya di engkol lah..

Maka sekarang anda bisa bisa mengetes hasil nya top cer kan..hehe..namun jika nanti nya aki dalam 2 minggu ke depan soak atau tekor lagi..berarti memang kondisi aki anda sudah rusak pada elemen2 nya aki tersebut.. dan memang sudah harus diganti dengan yang baru..hehe..


Oke mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan..semo se bisa bermanfaat untuk anda dan sekitarnya, jika ada pertanyaan yang kurang jelas maka boleh bertanya kepada saya, dalam kolom komentar dibawah ini..

Terimakasih banyak sudah berkenan berkunjung ke blog saya.. semoga betah ya dengan tutorial tutorial saya yang lain nya..

Sekian dan terimakasih,

                         
                               Bay: sam

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya dan jangan lupa untuk berkunjung kembali.. terimakasih

Featured post

KISAHKU KETEMU SOSOK POCONG

                  Dulu aku pernah tinggal di afdeling VI PTPN 4 Sosa II Tapanuli Selatan Sumut : sore itu aku main sampai menjelang maghrib,...