script async='async' crossorigin='anonymous' src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3634075916379095'/> Cerita dan tutorial Indonesia: 5. Hal yang tidak boleh dilakukan pada motor

11 December 2018

5. Hal yang tidak boleh dilakukan pada motor

5. Hal yang tidak boleh dilakukan pada motor



Jumpa lagi bersama saya yang selalu setia menemani anda.. apa kabar sobat semua..? Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagian-bagian yang tidak boleh dilakukan atau dirubah atau merubah dari pada kendaraan bermotor kita..

Karena jaman 'now' jaman modern ini banyak yang salah kaprah tetapi malah jadi tren tersendiri, banyak dari kalangan pengguna sepeda motor me modifikasi motor hingga sedemikian rupa..

Tampak nyentrik dan keren namun melalaikan keselamatan dan kenyamanan berkendara..

Saya menulis kan ini berdasarkan fakta yang terjadi di lingkungan sekitar saya tinggal.. oke langsung saja kita bahas bagian-bagian mana saja yang menurut saya dan mungkin menurut anda sendiri.


Didukung oleh:
Kita mulai dari bagian bawah dari pada kendaraan bermotor itu sendiri..

1. Ban motor
Sekarang ini banyak dari kalangan anak muda yang mengganti ban ukuran standar mereka dengan ukuran yang lebih kecil..mungkin tujuan nya supaya terlihat keren..

Tapi kalau menurut saya itu malah tidak enak di pakai motor nya dan dan membahayakan diri kita sendiri karena ban yang ukuran kecil itu rentan selip dan menjadi licin ketika dipakai..

Tambah lagi sering bocor ban ketika kurang angin atau ketika kelebihan muatan

2. Pelak/velk model variasi
Memang sii untuk yang satu ini jika ingin memodifikasi motor, kita gak sedikit merogoh kocek disamping penampilan motor tambah keren , performa motor pun bertambah kencang jika di pakai..

Karena dengan beban pelak/velk yang ringan karena terbuat dari aluminium rata rata ukuran nya pun sudah diperkecil jauh dari ukuran standar nya..

Tapi kalau menurut saya, resiko memakai pelak/velk variasi itu sangat besar karena velk itu tidak cukup kuat untuk menahan beban yang berlebih,

Belum lagi jika sewaktu-waktu dalam berkendara itu kita membentur lobang yang dalam.. resikonya adalah pelak tersebut penyok bahkan patah.. sangat riskan bukan..?

3.kenal pot racing
Untuk urusan yang satu ini yaitu kenal pot racing.. disamping yang harganya terbilang mahal, namun justru sangat menggangu pengguna pengendara yang lain..

Terlebih jika menurut aturan tata tertib berlalulintas itu sangat dilarang oleh pihak yang berwajib..

4.shokbreker depan/belakang..
Kalau saya memperhatikan belakangan ini banyak di Indonesia yang memodifikasi shockbreker motor mereka sampai begitu pendek hingga terlihat ceper motor tersebut..

Saya memaklumi memang itu kadang kekompakan dari sebuah komunitas, namun jika di telisik lagi pastilah tidak nyaman jika dipakai kendaraan tersebut juga sangat riskan sekali terhadap kecelakaan saat berkendara..

5. Mika lampu belakang
Nah ini yang terakhir menurut saya dan versi saya walaupun sebenarnya masih banyak lagi bagian-bagian tertentu pada kendaraan bermotor yang tidak boleh dirubah dari ukuran standar pabrikan..

Untuk mika lampu belakang ini jika anda perhatikan itu sebenarnya ada 2 lapis yaitu dalam merah dan bagian luar putih bening..

Nah yang bagian dalam yang berwarna merah itu justru seringkali dilepas dan itu sangat sangat menggangu pengendara lainnya khususnya jika pengendara lain berada di belakang pengendara tersebut yang mika lampu nya dicopot..

Sangat silau terasa Dimata jika berada di belakang nya dan itu sangat berbahaya sekali bagi pengguna motor yang dibelakangnya..

Karena pada dasarnya fungsi dari mika yang berwarna merah itu untuk meredam cahaya dari lampu rem belakang motor tersebut..

Nah...lalu kenapa harus anda copot...??!!
Dan itu apa gunanya jika anda copot..??belajarlah dari pengalaman, bagaimana jika posisi anda yang berada di belakang motor anda..saya rasa silau tidak mata dan pandangan anda..??!!

Mungkin cukup sekian itu saja informasi dan tutorial dari saya..ada pesan dibalik yang saya sampaikan.. lindungilah diri anda dari aman dan kenyamanan berkendara..dan tetap lah tertib lalulintas dalam berkendara..

Sekian dan terimakasih,

                                 By : sam

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya dan jangan lupa untuk berkunjung kembali.. terimakasih

Featured post

KISAHKU KETEMU SOSOK POCONG

                  Dulu aku pernah tinggal di afdeling VI PTPN 4 Sosa II Tapanuli Selatan Sumut : sore itu aku main sampai menjelang maghrib,...